5 Hal Ini Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop untuk Desain Grafis

Secara umum, semua laptop memiliki fungsi yang sama. Akan tetapi untuk kebutuhan tertentu, memilih laptop tentu tidak bisa sembarangan. Termasuk memilih laptop untuk desain grafis, penting untuk memperhatikan beberapa hal dan pastikan membelinya di olshop laptop terbaik.

Pekerjaan sebagai desainer grafis membutuhkan keahlian tingkat tinggi. Dukungan perangkat yang mumpuni juga menjadi faktor penting untuk menghasilkan desain berkualitas. Laptop yang dipakai untuk pekerjaan ini harus yang memiliki spesifikasi bagus serta kemampuan yang maksimal.

 

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Dalam pekerjaannya, seorang desainer grafis menghasilkan berbagai macam jenis grafis. Tidak hanya yang berupa gambar, grafis yang dibuat juga bisa merupakan gabungan antara visual dan audio. Agar bisa mendukung kinerja dan tidak salah memilih, perhatikan beberapa hal berikut ini:

1.     Prosesor

Prosesor merupakan otak dari laptop yang menentukan kualitas kinerja perangkat tersebut. Maka bisa dibilang bahwa memperhatikan prosesor merupakan hal utama yang harus diperhatikan saat membeli laptop untuk desain grafis.

Untuk pekerjaan desain grafis yang cukup rumit, diperlukan laptop dengan prosesor kelas atas. Sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, prosesor yang memiliki inti lebih dari dua merupakan pilihan tepat untuk pekerjaan desain grafis.

2.     Layar

Layar menjadi bagian yang tak kalah penting untuk jadi pertimbangan ketika membeli laptop untuk desain grafis. Baik ukuran maupun kualitas layar sangat memengaruhi proses pengerjaan desain grafis.

Laptop dengan ukuran layar lebih lebar sangat disarankan untuk desainer grafis. Layar juga harus memiliki kepadatan piksel yang pas, antara 1920 x 1080 (full HD), 2560 x 1440 (quad HD) atau 3840 x 2160 (4K UHD) serta memiliki panel IPS.

3.     RAM

Kinerja laptop dipengaruhi juga oleh kapasitas RAM. Semakin besar RAM, maka kinerja laptop semakin lancar karena bisa menjalankan beberapa program di saat yang bersamaan.

Untuk mendukung kelancaran pekerjaan desainer grafis, sebaiknya pilih laptop dengan RAM minimal 4 GB dengan model DDR3 atau DDR4. Laptop dengan spesifikasi ini memungkinkan desainer grafis untuk lebih leluasa dalam mengerjakan desain tanpa khawatir lag.

4.     Kartu Grafis

Kartu grafis atau graphic card bekerja seperti prosesor di dalam laptop. Namun bagian ini lebih khusus untuk memproses segi grafis dan visual yang merupakan komponen utama dalam desain grafis. Maka memperhatikan kartu grafis menjadi hal wajib ketika memilih laptop untuk desain grafis.

Pekerjaan desainer grafis akan lebih mudah dilakukan dengan laptop yang memiliki jenis dedicated graphic card. Jenis ini bukan built-in melainkan jenis kartu grafis yang memiliki RAM sendiri.

5.     Sistem Operasi

Terdapat 3 jenis sistem operasi laptop yang ada saat ini, yaitu MacOS, Windows dan Linux. Kelebihan dan kekurangan dari ketiga jenis sistem operasi tersebut bisa menjadi pertimbangan ketika memilih laptop untuk pekerjaan desainer grafis.

MacOS lebih bisa diandalkan untuk penggunaan jangka panjang, tapi harganya lebih mahal. Sementara laptop dengan sistem operasi Windows lebih mudah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Dengan lebih banyak pilihan, laptop Windows dijual dengan harga lebih murah.

Sementara Linux yang tidak cukup terkenal juga bisa menjadi pilihan. Sistem operasi ini cocok bagi pengguna yang senang mengutak-atik laptop untuk melakukan perubahan. Hanya saja, aplikasi dalam sistem operasi ini tidak cukup lengkap sehingga bisa menyulitkan desainer grafis pemula.

Itulah beberapa hal yang sebaiknyadiperhatikan ketika membeli laptop untuk desain grafis. Apapun pilihannya, pastikan Anda mendapatkan laptop hanya di DatascripMall.ID, e-commerce terpercaya yang menawarkan produk terlengkap dengan promo menarik.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.