Kisah Steve Wozniak, Salah Satu Sayap Apple Computer

Stephen Gary Wozniak atau dikenal dengan sebutan Steve Wozniak lahir pada 11 Agustus 1950 di San Jose, California. Pria yang kerap dipanggil “Woz” ini adalah seorang teknisi, penemu dan progammer komputer. Putra dari Margaret Elaine dan Jacob Francis “Jerry” Wozniak ini juga dikenal sebagai Co-founder Apple pada tahun 1970-an.

Dikutip dari library.moestopo.ac.id, Steve Wozniak pertama kali bertemu dengan Steve Jobs saat masih menjadi siswa di Homestead High School. Kemudian lama-kelamaan, keduanya menjadi teman baik hingga keduanya pun lulus dari Homestead High School. Lalu Steve Jobs dan Steve Wozniak bekerja di perusahaan yang sama yaitu Hawlett-Packard. Namun, Steve Wozniak bekerja pada bagian “Mainframe Computer”.

Pada 1975, Wozniak berhasil dalam uji coba prototype komputer pertamanya. Dari situ, ia terus belajar dan mengotak-atik baran ciptaanya, lambat laun pun Wozniak akhirnya berhasil mengembangkan komputer hasil ciptaannya sendiri. Ia dengan susah payahnya mendesain circuit board, hardware serta OS untuk Apple I.

Hingga pada tanggal 1 April 1976, Wozniak dan Jobs secara resmi membentuk Apple Computer dan mengundurkan diri dari perusahaan Hewlett-Packard. Di perusahaannya yang baru, Steve Wozniak menjabat sebagai wakil presiden dari Apple Computer serta memiliki tanggung jawab atas divisi penelitian dan pengembangan di Apple Inc.

Steve Wozniak kemudian dianugerahi National Medal of Technology oleh Presiden Amerika Serikat pada tahun 1985, penghargaan tersebut diberikan karena Steve Wozniak telah menjadi inovator terkemuka Amerika Serikat.

Prestasi yang diraih Wozniak pun tidak ada henti-hentinya. Pada 2000, ia dilantik menjadi Penemu Hall of Fame dan dianugerahi sebuah penghargaan “Heinz” yang bergengsi untuk bidang teknologi, ekonomi dan ketenagakerjaan. Steve Wozniak memperoleh penghargaan itu karena ia telah berhasil “merancang sendiri komputer pribadi pertamanya dan kemudian mengabdikan hidupnya untuk membantu para siswa dan guru di sekolah dasar dalam mengembangkan keilmuan matematika dan bidang elektronik ke arah yang lebih baik lagi.

Produk-produk perusahaan Apple Inc. yang telah dikembangkan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak saat ini telah menciptakan inovasi-inovasi baru untuk para pengguna agar mereka bisa lebih mudah dan nyaman ketika menggunakan produk-produk perusahaan Apple Inc. Adapun inovasi-inovasi tersebut terdiri dari :

1. Apple Pay

Apple Pay memang dirancang oleh perusahaan Apple Inc untuk membuat transaksi pembayaran barang menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Lalu, untuk alasan perusahaan membuat Apple Pay ini adalah karena kartu kredit plastik sudah dianggap ketinggalan zaman dan tidak aman karena dapat dicuri, dengan itu maka nomor-nomor penting serta kode keamanannya bisa terekspos.

Namun, dengan adanya layanan Apple Pay ini jelas lebih mempermudah cara untuk membayar barang. Perangkat ini terhubung ke iPhone dan Apple Watch pengguna, dan di dalamnya terdapat data kartu kredit, debit, maupun kupon apa saja.

2. Apple Watch

Apple Watch merupakan satu-satunya perangkat buatan Apple yang bisa digunakan untuk melakukan telepon atau panggilan, menjadi alarm pengingat, menjawab panggilan dan pesan teks, serta beberapa hal unik lainnya. Salah satu kegunaan unik dari barang ini adalah bisa membantu mempelajari kebiasaan kesehatan para penggunanya, alat ini pun bisa mengetahui perbedaan mana gerak biasa dan mana gerakan olah raga.

3. Airpods

Penggunaan benda ini terbilang sangat mudah, para pengguna tidak perlu bersusah payah untuk menyambungkan ke Bluetooth seperti pada earphone nirkabel lainnya. Benda ini akan secara otomatis langsung terhubung ke ponsel pengguna.

Keunikan dari airpods ini adalah ketika dilepaskan dari telinga, maka musik yang sedang didengarkan akan otomatis terhenti, dan bunyi musik akan kembali dilanjutkan saat benda itu dipasang lagi ke telinga. Steve Wozniak telah mewujudkannya.

PRIMANDA ANDI AKBAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.