Manajemen Stres dengan Latihan Pernapasan, Lakukan 4 Metode ini

Banyak cara untuk manajemen stres, namun salah satu yang paling mudah ialah dengan metode pernafasan. Ia bisa dilakukan di mana saja, dan tanpa perlu banyak persiapan, berikut empat jenis dan caranya.

1. Napas Sitali

Latihan pernapasan yoga ini membantu Anda menurunkan suhu tubuh dan menenangkan fikiran. Seperti dikutip dari Healthline di situs healthline.com, berikut tahapan melakukan napas sitali:

1. Pilih posisi duduk yang nyaman.2. Keluarkan lidah, dan tekuk lidah untuk menyatukan tepi luar.3. Jika Anda tidak bisa menekukkan lidah, ganti dengan mengerucutkan bibir.4. Tarik napas melalui mulut, lalu buang melalui hidung.5. Lanjutkan latihan pernapasan ini hingga 5 menit.

2. Pernapasan resonansi

Masi berdasar Healthline, pernapasan resonansi ialah saat Anda bernafas dengan kecepatan 5 nafas penuh per menit. Tingkat tersebut dapat dicapai dengan menghirup dan mengembuskan napas selama 5 hitungan.

Pernafasan resonansi dapat memaksimalkan variabilitas detak jantung (HRV), mengurangi stres, dan, menurut satu studi tahun 2017 , dapat mengurangi gejala depresi bila dikombinasikan dengan yoga Iyengar. Lakukan pernapasan resonansi dengan cara:

1. Tarik napas selama 5 hitungan.2. Buang napas selama 5 hitungan.3. Lanjutkan pola pernapasan ini setidaknya selama beberapa menit.

3. Pernapasan perut

Pernafasan perut merupakan salah satu teknik pernafasan yang mudah dilakukan untuk manajemen stres. Melansir University of Michigan Healty pada situsnya uofmhealth.org berikut tahapan yang bisa dilakukan:

1. Duduk atau berbaring datar dalam posisi yang nyaman.2. Letakkan satu tangan di perut tepat di bawah tulang rusuk dan tangan lainnya di dada.3. Ambil napas dalam-dalam melalui hidung, dan biarkan perut mendorong tangan keluar. Dan jangan gerakkan dada.4. Hembuskan napas melalui bibir yang mengerucut seolah-olah Anda sedang bersiul. Rasakan tangan di perut, dan gunakan untuk mendorong semua udara keluar.5. Lakukan pernapasan ini 3 sampai 10 kali. Dan perhatikan bagaimana perasaan Anda di akhir latihan.

4. Pernapasan dalam

Berdasar Totalwellness di alamat totalwellnesshealth.com, pernapasan dalam lebih bersifat alami dari metode pernafasan lainnya. Metodenya meliputi:

1. Tarik napas melalui hidung sampai perut terisi udara.2. Buang napas perlahan melalui hidung3. Letakkan satu tangan di dada dan tangan lainnya di perut, lalu tarik napas.4. Tangan di perut Anda harus naik lebih dari yang ada di dada. Kemudian buang napas dan rasakan perut Anda lebih rendah. Ulangi metode pernapasan ini hingga tiga kali lagi.

DELFI ANA HARAHAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.