Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Lansia butuh olahraga yang aman dan teratur untuk menjaga kesehatan tubuh. Mengutip dari NHS, lansia banyak menghabiskan waktu dengan duduk atau berbaring selama 10 jam setiap hari. Kurangnya aktivitas ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi banyak lansia.

Simak enam aktivitas olahraga dan aktivitas fisik yang aman dan cocok bagi lansia.

Berenang Berenang bisa membakar banyak kalori di tubuh lansia. Berenang juga bisa membangun lebih banyak massa otot karena tekanan yang diberikan air. Air lebih padat 800 kali daripada udara. Ini membuat otot lansia harus bekerja lebih keras di kolam renang, termasuk jantung dan paru-paru harus bekerja lebih keras untuk memompa oksigen ke seluruh tubuh. Pekerjaan inilah yang meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Berenang adalah aktivitas fisik yang ideal, terutama bagi penderita radang sendi. Berenang tidak menyebabkan ketegangan pada sendi seperti saat jogging.

Bersepeda Bersepeda sangat aman bagi lansia, sebab bisa mengurangi risiko penyakit kronis serta menjadi sarana transportasi yang baik ke toko atau ke tempat kerja. Mengendarai sepeda bisa membakar lebih banyak kalori daripada jogging dan juga memiliki dampak yang lebih kecil pada persendian lansia, terutama lutut.

Sepak bola jalan kaki Permainan sepakbola semakin berkembang. Kini ada pertandingan sepak bola yang aman bagi lansia, yakni walking football atau sepak bola jalan kaki. Dalam walking football, pemain sepak bola tidak boleh berlari dan hanya dikhususkan bagi lansia. Ini juga menjadi versi lembut dari permainan sepak bola dan cocok bagi generasi yang lebih tua. Jika ada pemain yang berlari, maka wasit akan membunyikan peluit, maka tim lain menerima tendangan bebas.

Skuas Skuas adalah olahraga raket di dalam ruangan yang bisa membuat tubuh bergerak. Olahraga ini bisa mengurangi risiko diabetes tipe 2. Lansia bisa memainkan skuas dengan kawan seusia. Skuas juga bisa menjadi cara yang baik untuk bertemu orang baru yang memiliki minat yang sama. Pelajari lebih lanjut tentang aturan dan manfaat bermain skuas.

Golf Golf memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Sebuah studi baru-baru ini menemukan pegolf pria membakar rata-rata 721 kalori saat bermain. Permainan golf membuat banyak berjalan kaki di lapangan luas. Udara segar di lapangan rumput hijau, bisa memberikan kesegaran bagi otak.

Berjalan Berjalan sejauh ini merupakan bentuk olahraga termudah. Berjalan kaki bisa membuat darah terpompa ke seluruh tubuh tanpa terlalu membebani sistem kardiovaskular. Berjalan kaki bisa merawat sistem peredaran darah serta menurunkan risiko stroke dan meningkatkan kinerja jantung lansia secara keseluruhan. Seperti halnya semua bentuk olahraga, berjalan tentu saja akan membantu membakar kalori tersebut dan menurunkan berat badan berlebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.