Perjalanan Karier Jang Ki Yong, Bintang Drama Korea Now, We Are Breaking Up

Aktor Jang Ki Yong menjadi pemeran utama di drama Korea terbaru Now, We Are Breaking Up yang tayang perdana hari ini, Jumat, 12 November 2021 di Viu. Dalam drama romantis tentang cinta dan putus cinta yang tayang setiap hari Jumat dan Sabtu ini, Jang Ki Yong akan beradu peran dengan Song Hye Kyo.

Jang Ki Yong berperan sebagai fotografer bernama Yoon Jae Guk dan Song Hye Kyo sebagai Ha Young Eun, perancang busana yang memutuskan untuk tidak pernah lagi jatuh cinta. Namun Ha Young Eun justru sangat tertarik pada fotografer muda tersebut.

Jang Ki Yong sendiri mengawali kariernya di industri modeling, bukan akting. Dia baru memulai debutnya sebagai aktor pada 2014 sebagai bintang tamu di serial It’s Okay, That’s Love. Setelah itu, ia mendapat tawaran peran di berbagai serial televisi. Wajahnya mulai dikenal melalui drama serial Confession Couple (2017), My Mister (2018), Come and Hug Me (2019), Search WWW (2019), dan My Roommate is A Gumiho (2021).

Berikut adalah perjalanan pendidikan dan karier Jang Ki Yong.

1. Antara kuliah dan jadi model

Masa kecil Ki Yong yang lahir pada Agustus 1992 ini dihabiskan bersama orang tua dan seorang kakak lelakinya di Ulsan, Korea Selatan. Saat beranjak dewasa, dia mulai tertarik pada dunia fashion. Dia memang pandai memotret, tapi juga suka dipotret. Dia pun bercita-cita menjadi seorang model profesional.

Namun, karena bukan berasal dari keluarga yang menggeluti industri hiburan, dia tak berani mengutarakan minatnya itu kepada keluarganya. Ayahnya adalah tipe orang tua yang lebih mendahulukan pendidikan. Karena itu, selama semester kedua di Ulsan High School, Ki Yong mempersiapkan diri untuk ujian masuk perguruan tinggi.

Di tahun ketiganya, Ki Yong mencoba membahas kemungkinan karier masa depannya dengan kedua orang tuanya. Antara masuk perguruan tinggi atau mengikuti minat dan keterampilan yang dia miliki selama ini. Baginya, dunia fashion dan modeling lebih membuat dia bergairah ketimbang duduk di bangku kuliah.

2. Nekat demi modeling

Kedua orang tuanya tidak menyetujui pilihan kariernya. Ki Yong sempat kecewa, namun dia tak patah semangat. Dia tetap mendaftarkan diri dan lulus menjadi mahasiswa di Departemen Akting-Musik Universitas Yong In, Seoul.

Ki Yong yang kala itu berusia 19 tahun masih bertekad mengejar mimpi. Dia mengunjungi KPlus (sekarang YGKPlus), namun tidak lolos seleksi untuk bergabung di agensi model ini. Ia kemudian mencoba peruntungan di agensi yang sama pada tahun berikutnya. Dia mendapat kesempatan untuk berfoto dan ternyata lolos perekrutan sebagai model baru.

Kariernya sebagai model dimulai pada pagelaran busana S/S General Idea Collection Show 2012 selama Seoul Fashion Week. Dari pengalaman ini Ki Yong yang sejak kecil dikenal sebagai anak pemalu dan introvert mendadak memiliki kepercayaan diri yang meningkat sepuluh kali lipat. Sambil kuliah, ia tetap menunjukkan kesungguhan hatinya pada dunia fashion dan modeling, hingga akhirnya ayahnya berkata, “Jika kamu benar-benar menyukai dan dapat melakukannya dengan baik, lakukanlah.”

3. Sukses di modeling dan akting

Ki Yong tak menyia-nyiakan kesempatan ini dan berhasil menunjukkan keseriusannya di dunia modeling dengan menyabet penghargaan sebagai satu dari dua belas Model Rookie yang menjanjikan oleh Asosiasi Model Korea, Fashion Model Award di Asia Model Awards 2014, dan Best Dressed Model di Korea’s Best Dresser Swan Awards 2015.

Pada 2013, ia masuk dalam video musik The Red Shoes dan Friday yang dinyanyikan IU. Video musik ini sempat menciptakan sensasi dan menarik minat banyak orang. Beberapa merek perawatan tubuh dan fashion, seperti Nivea Men, Estee Lauder, dan Lancome, mulai melirik sosok muda ini.

Perannya di serial It’s Okay, That’s Love (2014) berhasil dia dapatkan tanpa audisi. Di tahun yang sama, dia berperan dalam drama School Girl Detective. Ki Yong kemudian mengikuti audisi untuk akting di drama yang lebih serius, The Greatest Marriage, dan terpilih. Dia mengalahkankan aktor lain yang dianggap tampil lima kali lebih baik, hanya karena dia lebih cocok dengan peran dan citranya.

Tak berhenti menimba ilmu di Universitas Yong In, Ki Yong juga kuliah dan menyelesaikan pendidikan model dan akting di Universitas Seokyeong. Sebagai bintang baru di dunia perfilman, Ki Yong mengidolakan Cha Seung Won yang sukses di dunia modeling dan akting. Dalam aktingnya di serial My Sister, Ki Yong menyabet penghargaan Best New Actor di APAN Star Awards 2018. Penghargaan yang sama kembali dia dapatkan di Baeksang Arts Awards 2019 melalui Come and Hug Me.

Banyak yang menganggap bahwa seorang model tak bisa berakting dengan baik. Namun, dengan melakukan sebaik mungkin dan namanya berhasil masuk ke dalam banyak nominasi, bahkan memenangkan penghargaan bergengsi, Jang Ki Yong merasa sudah mematahkan anggapan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.