Petugas Damkar Bebaskan Burung Dara dari Gelang Logam di Kaki

Bertambah lagi daftar satwa yang pernah diselamatkan petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Terbaru adalah seekor merpati atau burung dara milik warga Duren Sawit, Jakarta Timur.

Warga itu, Ifad R.D., 25 tahun, mendatangi Kantor Damkar Sektor 5 Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Jumat sore, 13 Agustus 2021. Dia membawa seekor burung dara dengan gelang logam pada satu kakinya.

Ifad meminta bantuan dari tim rescue di kantor itu untuk melepaskan gelang tersebut. Menurutnya, gelang sudah sulit dilepas sementara kaki burung peliharaannya itu terlihat mulai bengkak. Dia mengatakan mendapat saran dari kawannya untuk datang meminta pertolongan ke kantor itu.

Penyelamatan pun dilakukan petugas yang ternyata hanya butuh tak sampai sepuluh menit. Berdasarkan video penanganannya yang diunggah di media sosial, petugas menggunakan alat gerinda kecil. Pemotongan dilakukan hati-hati dengan disertai guyuran air dari botol bekas kemasan air mineral.

Gelang logam yang menjepit kaki merpati itu pun akhirnya bisa dibelah dan dilepas. “Terima kasih atas pelepasan gelang burung dara saya,” kata Ifad dalam video.

Belum lama, petugas pemadam kebakaran dan penyelamatan dari Suku Dinas Jakarta Selatan, Sektor 1 Kebayoran Lama, juga mengevakuasi seekor burung hantu dari atap sebuah rumah di kawasan elit Pondok Indah. Burung hantu terjebak karena ring pada tali kekang di kakinya masuk dan terlilit di besi penangkal petir di atap rumah dua lantai tersebut. Berjam-jam burung hantu itu berusaha melepaskan diri, yang malah membuatnya semakin terjerat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.