Rutin Puasa Senin Kamis, ini Manfaatnya Bagi Kesehatan

Bukan hanya mendapat keutamaan ibadah, rutin melaksanakan puasa Senin Kamis juga baik bagi kesehatan.bahkan sudah teruji secara ilmiah. Mulai dari peningkatan dalam kontrol gula darah hingga meningkatkan fungsi otak yang lebih baik.

Dilansir Healthline, berikut ini beberapa manfaat kesehatan puasa yang didukung oleh sains.

Pertama, mampu meningkatkan kontrol gula darah. Menurut World Journal of Diabetes, berdasarkan sebuah penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

Penelitian lain juga menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin. Sehingga penurunan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yang memungkinkannya mengangkut glukosa dari aliran darah ke sel dengan lebih efisien.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kekebalan tubuh juga mengurangi tingkat peradangan. Kondisi sistem kekebalan yang normal akan cenderung membantu melawan infeksi, maupun peradangan kronis dapat menimbulkan dampak serius bagi kesehatan.

Kemudian manfaat puasa yang rutin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung juga mengurangi potensi serangan jantung. Telah dibuktikan secara ilmiah oleh salah satu studi di National Center for Biotechnology Information pada 110 orang dewasa gemuk, menunjukkan bahwa puasa selama 3 minggu di bawah pengawasan medis berefek baik. Kondisi ini kemudian dapat bantu menurunkan tekanan darah, tingkat trigliserida darah, kolesterol total, dan kolestrol jhat.

Manfaat puasa lainnya, termasuk puasa Senin Kamis, dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah gangguan neurodegenerative.

RAUDATUL ADAWIYAH NASUTION

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.