Tak Hanya Meredakan Stres, Yoga Juga Bantu Menurunkan Berat Badan

Yoga adalah salah satu olahraga yang cukup diminati. Tidak hanya dapat mengurangi stres, manfaat yoga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar, memperbaiki postur tubuh, bahkan dapat mengurangi berat badan.

Yoga sudah lama dianggap sebagai cara yang efektif untuk menghilangkan stres dan dapat menjadi alat penurunan berat badan. Jika tubuh sedang stres, maka hormon kortisol akan meningkat. Kortisol adalah stimulan nafsu makan, itulah sebabnya kita akan makan banyak ketika sedang stres. Latihan yoga yang menenangkan dapat membantu mengatasi stres dengan cara yang lebih sehat serta menjaga kenaikan berat badan.

“Yoga bisa menjadi sumber olahraga yang baik,” kata Jorianne Numbers, MS, ahli fisiologi olahraga dari Northwestern Medicine. Pada tingkat paling dasar, katanya, yoga adalah bentuk gerakan yang dapat membantu untuk membakar kalori.

Selain itu, yoga dapat meningkatkan kesadaran diri. Hal ini disebabkan karena gerakan dan pose yoga yang beragam. “Kesesuaian antara kesadaran di dalam dan di luar matras adalah apa yang dapat membuat yoga lebih efektif untuk menurunkan berat badan daripada bentuk latihan lainnya,” kata Lara Heimann, terapis fisik, instruktur yoga, dan pendiri LYT Method, program sertifikasi yoga.

Tentu saja jenis yoga disesuaikan dengan kebutuhan. Jika ingin membakar kalori, para ahli sepakat bahwa yoga Vinyasa adalah latihan yang harus dipilih. Vinyasa adalah kesatuan dari 4 pose, yaitu plank, chaturanga, upward-facing-dog, dan downward-facing-dog. Gerakan seperti ini akan meningkatkan detak jantung dan membangun otot yang meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu untuk membakar kalori setelah selesai berolahraga. “Kelas Vinyasa yang baik akan membawa Anda melalui berbagai gerakan, dengan fokus pada integrasi inti dan beban pada tangan dan kaki Anda,” jelas Heimann.

Sementara itu, ada kelas yoga yang lebih lembut seperti yoga Hatha atau Yin, ini tidak akan membakar kalori sebanyak Vinyasa, tetapi bukan berarti kelas tersebut tidak layak dilakukan. Jenis yoga ini dapat mengurangi ketegangan di tubuh dan bermanfaat bagi kesehatan mental dan mengurangi tingkat stres.

Untuk hasil penurunan berat badan terbaik, direkomendasikan untuk melakukan yoga tiga kali seminggu. Teruslah aktif dan tingkatkan detak jantung Anda pada tiga hingga empat hari lainnya, baik melalui latihan kardio, sesi angkat besi, atau latihan HIIT. Olahraga saja tanpa makanan sehat akan membuat penurunan berat badan menjadi sulit. Maka dari itu, konsumsilah makanan bergizi dan hindari produk yang diproses secara berlebihan agar mendapatkan hasil yang maksimal.

ANDINI SABRINA | POP SUGAR

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.