Teh Chamomile dan 6 Camilan Penunda Lapar Jelang Tidur

Makanan bisa menjadi salah satu faktor yang dapat memengaruhi kuliatas pola tidur. Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan lapar pada malam hari atau terbangun di tengah malam dengan keadaan perut yang minta untuk diisi.

Jika ingin makan lagi, jangan mengonsumsi makanan dengan kadar lemak dan gula yang tinggi seperti es krim dan kue kering. Lemak membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sedangkan gula menyebabkan lonjakan dan penurunan gula darah, sehingga akan menganggu waktu tidur.

Selain itu, minuman alkohol dan kafein juga tidak disarankan untuk diminum saat malam hari. Meskipun minuman beralkohol dapat membuat mengantuk tetapi akan mengganggu siklus tidur di malam hari dan menyebabkan kualitas tidur yang lebih rendah. Sedangkan minuman berkafein akan membuat tetap terjaga di malam hari.

Jangan perlu khawatir, ada beberapa camilan untuk tengah malam yang sehat dan akan membantu Anda kembali tidur, yaitu:

1. Ceri tart

Buah ceri mengandung hormon melatonin yang akan mengatur ritme harian dalam tubuh seperti waktu bangun dan tidur. Jika tidak ada buah ceri, bisa diganti dengan jus ceri tart. Mengonsumsi dua sendok makan jus ceri tart setara dengan 60 lebih buah ceri. Sehingga akan meningkatkan kadar melatonin yang berpengaruh pada pola tidur dan kualitas tidur yang lebih baik.

2. Biji Labu

Biji labu adalah salah satu sumber magnesium yang sangat baik. Kandungan dari magnesium dapat mengurangi insomnia dan meningkatkan efisiensi tidur. Camilan sehat lain yang ideal untuk tengah malam dan memiliki kandungan magnesium selain biji labu, yaitu almond, kacang mete, dan kacang tanah.

3. Keju Cottage

Keju cottage mengandung asam amino triptofan. Triptofan berperan dalam memproduksi serotonin yang memiliki peran sebagai neurotransmitter yang berhubungan dengan tidur yang sehat. Sebuah penelitian telah menemukan orang yang makan keju cottage sekitar 30 menit hingga satu jam sebelum tidur mengalami kesehatan metabolisme, kualitas otot, dan kesehatan keseluruhan yang lebih baik daripada orang yang tidak mengonsumsi keju cottage.

4. Susu hangat

Penelitian baru menunjukkan bahwa protein kasein dalam susu sapi berhubungan dengan tripsin dan enzim pencernaan di perut untuk menghasilkan peptida bioaktif yang memengaruhi pola tidur secara positif. Vitamin D yang terkadung dalam susu juga dapat berperan dalam menjaga kesehatan tidur.

5. Kiwi

Buah hijau ini memiliki kandungan antioksidan dan serotonin alami yang membantu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur. Kiwi memiliki rasa asam manis yang menyegarkan. Cara mengonsumsinya cukup mudah, cukup potong buah menjadi dua kemudian keruk dagingnya dengan sendok makan.

6. Pisang dengan Selai Kacang

Makanan yang mengandung lemak tak jenuh, seperti selai kacang, dapat membantu meningkatkan kadar serotonin dan meningkatkan rasa kenyang. Kombinasi pisang dengan selai kacang menjadi salah satu camilan sehat tengah malam. Karena pisang mengandung magnesium yang membantu untuk tidur dengan nyenyak.

7. Teh Chamomile

Segelas teh herbal bisa menjadi minuman yang membantu kulitas tidur yang baik, misalnya seperti teh chamomile. Teh ini mengandung flavonoid, senyawa yang ditemukan dalam makanan tertentu yang disebut apigenin. Apigenin terhubung dengan reseptor di otak kita untuk membantu mengurangi insomnia dan meningkatkan kondisi tidur yang stabil.

ANDINI SABRINA | Well and Good

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.